Rabu, 25 September 2013

Pengertian Modem






Modem adalah singkatan bagi modulator-demolator.  Ini adalah proses di mana isyarat berbentuk digital yang dihasilkan oleh komputer dialihkan kepada isyarat berbentuk gelombang supaya ia dapat dihantarkan  menerusi talian telefon dan juga sebaliknya iaitu berkemampuan untuk mengalihkan  isyarat gelombang kepada isyarat digital.  Apakah itu isyarat digital, analog serta perbezaan diantara keduanya?

Sinyal digital ialah isyarat yang mengandungi  siri suis elektronik yang diwakili oleh ciri hidup dan mati, ciri hidupnya diwakili oleh angka 1, manakala ciri matinya pula diwakili oleh 0.  Dengan penggunaan ciri ini serta kombinasi angkanyalah maka komputer mampu menghasilkan data berbentuk teks, grafik dan sebagainya.
Berlainan pula dengan Sinyal Analog, ia adalah isyarat berbentuk gelombang bunyi melalui talian elektrik dan data serta maklumat dihasilkan berasaskan kekuatan gelombang serta tahap frekuensinya.  Ringkasnya, modem berfungsi mengubahkan isyarat berbentuk 1 dan 0 tadi kepada isyarat berbentuk gelombang serta frekuensi begitu jugalah sebaliknya.

Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.


Jenis Modem


Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal danmodem internal.
 Modem eksternal 28.8kbps serial-port modem dari Motorola Modem Internal 56kbps PCI slot modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyaldigital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa inimodem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukupbermanfaat, misalnya voice modem.
Dengan adanya fasilitasvoice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagaipenyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapatmenjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampaistreaming video.

Isi Kabel Modem
 Modem kabel tampak dari belakang dengan soket-soketnya Modem Kabel (Cable Modem)
adalah perangkat keras yangmenyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.Agar dapatmenggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan kartuethernet
(ethernet card). Walaupun isi cable modem berbeda-beda, padadasarnya sekarang isinya seperti diilustrasikan di diagramberikut.

Kecepatan Modem
Kecepatan data downstream (yang masuk) rata-rata berkisar antara 4-56 Megabit perdetik.Sedangkan kecepatan upstream (yang keluar) berkisarantara 256 Kilobit hingga 3 Megabit per detik. Berikut ini perbandingan kecepatan download sebuah fileberukuran 10 Megabyte dalam kondisi internet ideal:
 KECEPATAN/JENIS MODEM WAKTU TRANSFER
14400 bps telephone modem1,5 jam28800 bps telephone modem 46 menit56000 bps telephone modem24 menit128000 bps ISDN modem 10 menit1,54 Mbps koneksi T1 52 detik 4 Mbps cable modem 20detik 10 Mbps cable modem 8 detik 


Jenis-jenis modem 

Berbagai jenis modem Internet membuat semua orang tetap terhubung melalui teknologi Internet, dimana pun mereka berada. Mari kita lihat apa modem komputer itu. Modem, merupakan singkatan dari ModulatorDEModulator, membuat komputer mampu mengkonvert data dalam bentuk informasi yang berguna.
Saat modem menerima data analog melalui koneksi, alat ini akan merubah datanya ke data digital sehingga bisa digunakan oleh komputer. Demikian juga alat ini akan membalik prosesnya saat mengirim data (merubah data digital ke data analog).
Sebenarnya fokus artikel ini bukan untuk membahas cara kerja modem secara rinci tetapi untuk membahas jenis-jenis modem.
Modem bisa digolongkan atas kecepatan transfer data yang didukungnya, namun saat ini model-model modem yang terbaru mempunyai laju transfer data maksimum 56 kilobit per second (kbps). Laju sebenarnya biasanya kurang dari angka tersebut, dan angka 56 kbps hanya berlaku untuk laju download. Laju upload kurang dari angka itu—Anda mungkin hanya akan mencapai angka 28,8 kbps atau 33,6 kbps. Dan harus diingat juga bahwa laju data tersebut juga tergantung pada mutu sambungan telepon setempat—antara Anda dan ISP (Internet Service Provider).

Modem dengan laju data 56 kbps saat ini sudah sangat murah, sehingga memperhatikan kecepatan modem sebagai pertimbangan membeli saat ini tidak banyak gunanya. Bila Anda ingin membeli modem saat ini, yang lebih penting untuk diperhatikan adalah apakah modem akan diletakkan di luar komputer atau terintegrasi. Selain itu patut juga diperhatikan apakah modem tersebut adalah modem software (softmodem) atau modem hardware.




1.      Modem Internal


Modem yang terintegrasi dengan komputer—atau modem internal—biasanya berbentuk kartu yang ditancapkan ke slot PCI. Kartu tersebut menyediakan port yang bisa dihubungkan ke kabel telepon (port RJ-11). Komputer yang mempunyai port RJ-11 kemungkinan besar dilengkapi dengan modem jenis ini. Modem internal, karena sudah ada pada casing komputer, jelas menghemat tempat karena tidak perlu peranti eksternal. Namun bila dari awal komputer Anda belum dilengkapi dengan modem internal, memasang periferal satu ini lebih sulit
 Beberapa komputer memiliki modem internal yang merupakan modem built in atau komputer modem card.
Untuk card modem komputer, slot PCI atau kadang-kadang slot ISA dibutuhkan, tergantung interface motherboard yang tersedia untuk menerima modem. Internal Computer Modems digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-11. Juga dikenal dengan kabel telepon tembaga, RJ-11 memampukan komputer untuk menerima dan mengirim data sebagaimana yang diterangkan di atas.
Modem komputer internal biasanya merupakan modem 56K yang berarti bahwa modem itu mampu menerima data sebesar 56 Kbits/detik ( 56 kilobits atau 56.000 bit per detik). Jenis transmisi data ini disebut transmisi downstream, datang dari provider dan ditransmisikan melalui kabel telepon. Umumnya besaran data ini merupakan bandwith standar untuk kabel telepon.
Akan tetapi karena Internet mempunya sistem dua arah, data juga harus dikirim dari klien ke provider (server). Untuk tujuan ini komputer bisa menggunakan modem 56K V90 untuk mengirim data dalam transmisi upstream sebesar 33,6 Kbits/s. Di sisi lain, modem V 92 56 K mampu mengirim 48 Kbits/s transmisi upstream.


2.      Modem Eksternal


Modem eksternal,seperti namanya, terpisah dari casing komputer. Modem ini dulunya dihubungkan dengan komputer melalui port serial, namun sekarang sudah ada modem yang menggunakan koneksi USB.
Modem eksternal biasanya disukai karena lebih cepat daripada modem internal. Modem ini perlu tempat dan catu daya terpisah, sehingga penanganannya lebih repot. Namun pemasangannya lebih mudah daripada modem internal.
Untuk komputer portabel,seperti laptop, patut disebutkan satu jenis modem lagi, yaitu modem yang menggunakan slot PCMCIA. Modem ini berbentuk kartu yang diselipkan ke slot PCMCIA di laptop/notebook. Modem ini tidak mengambil banyak tempat sehingga cocok buat pemakai yang mobile alias berpindah tempat.
Modem eksternal biasanya tergolong modem hardware, sedangkan modem internal biasanya tergolong softmodem. Sebutan modem hardware mungkin agak membingungkan, karena kita biasa menamakan modem sebagai hardware.
Seperti namanya, pada modem hardware semua kerja konversi data dan komunikasi dilakukan oleh hardware. Pada softmodem sebagian pekerjaan ini dialihkan pada prosesor. Modem hanya berfungsi sebagai konverter sinyal. Modem Eksternal .
Modem Eksternal bisa digunakan untuk tujuan yang sama dan dalam kondisi yang sama dengan modem internal. Akan tetapi modem eksternal merupakan kotak kecil yang menggunakan jenis antar muka yang lain untuk terhubung dengan komputer.
Bisa jadi itu berupa serial modem, dinamakan demikian karena benda itu menggunakan serial port untuk dihubungkan ke komputer. Biasanya terinstall pada belakang komputer, serial port merupakan pilihan yang mudah diinstall untuk modem eksternal. Kotak kecil yang sama, di sisi lain, bisa menjadi sebuah Modem USB yang normalnya menggunakan port USB yang biasanya ditempatkan dibelakang atau di depan komputer.
Yang pertama dari jenis modem eksternal bisa jadi modem dial up tetapi jenis ini lebih mahal daripada jenis internal.
Sama seperti jenis lain dari modem eksternal anda mungkin mempertimbangkan dua tipe modem : modem kabel dan DSL jika anda menginginkan layanan internet berkecepatan tinggi. Semua ISP biasanya menyediakan modem spesial dinamakan modem digital di dalam paket broadband.
Sangat penting untuk memperhatikan bahwa modem kabel harus dihubungkan dengan kartu Ethernet, ditempatkan di slot PCI komputer yang disediakan oleh koneksi intenet broadband ke pengguna. Memang benar jika anda memilih koneksi Ethernet. Akan tetapi anda tidak akan membutuhkannya jika pilihan anda menggunakan koneksi USB.

3.      Softmodem

Softmodem jelas hanya cocok buat komputer dengan prosesor cepat. Ini tidak akan menjadi soal buat komputer mutakhir, tapi modem ini akan membuat komputer lawas tertatih-tatih.Karena sebagian tugas modem dikerjakan prosesor, softmodem sangat tergantung pada driver dan sistem operasi komputer yang bersangkutan. Kebanyakan softmodem hanya menyediakan driver buat Windows, sehingga modem jenis ini sering juga disebut winmodem. Karena itu modem ini sulit digunakan dengan sistem operasi selain Windows. Bila kompuer Anda menggunakan Linux atau malah masih pakai DOS misalnya, jangan beli softmodem.
Kelebihan softmodem terutama terletak pada harganya yang lebih murah daripada modem hardware. Modem sebenarnya cara yang sangat kuno untuk komunikasi data. Saat ini saat orang menggunakan teknologi digital untuk menghantarkan suara seperti pada ponsel GSM (Global System for Mobile Communications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Ini kebalikan dari modem dan kabel telepon yang mengirim data digital melalui saluran analog.
Sampai koneksi Internet yang lebih cepat di Indonesia tersedia dengan harga lebih murah, modem dan kabel telepon masih menjadi pilihan utama buat menyusuri 'jalan raya' informasi di negeri maya alias Internet.

4.      Modem kabel.



Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwitdth yang hebat dibandingkan modem komuter dial up. Akses yang benar-benar cepat ke Web yang disediakan oleh modem kabel dengan transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1 Mbits/s.
Sayangnya besaran transmisi ini berubah-rubah tergantung jumlah pengguna karena pembagian bandwith yang menggunakan teknologi kabel ini.
5.      Modem DSL ( Digital Subscriber Line)


secara eklusif digunakan untuk koneksi dari telepon kantor yang dipindahkan ke pengguna. Teknologi ini, tersedia dan seringkali dipakai, dipisahkan dalam dua kategori utama :
6.      ADSLor Asymetric Digital Subcriber Line


biasanya digunakan di Amerika Utara dan mendukung transmisi downstream dari 1,5 Mbits/s hingga 9 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 3 Mbits/s.
7.      SDSL

SDSL or Symetric Digital Subcriber Line biasanya digunakan di Eropa dan mempunyai besaran downstream dan upstream data yang sama yaitu sekitar 128 Kbits/s.
Satu hal lagi
Beberapa modem modern memiliki fitur-fitur yang sangat menarik yang memampukan komputer anda melakukan tugas-tugas penting seperti menjawab panggilan masuk secara otomatis, voice mail, mengirim dan menerima fax..dan lebih banyak lagi.
Jangan buang waktu anda ! Nikmati berbagai kemungkinan yang ditawarkan oleh berbagai jenis modem komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA JUGA